Minggu, 19 Februari 2017

Meraih Sukses dengan Jualan Daging dari Tempe


Benarlah kata orang-orang bijaksana bahwa di balik kesulitan ada hikmah yang bermanfaat bagi manusia. Ketika harga daging sapi di dalam negeri yang semakin membumbung, ternyata menjadi peluang bagi sebagian orang untuk mengambil keuntungan. Adalah Muhammad Hidayat yang menciptakan daging dari bahan nabati.

Ia menyatakan bahwa daging dari bahan nabati tersebut rasanya seperti daging sapi padahal dibuat dari tempe. Produk itu murni dari tempe dengan diberi beberapa bumbu pelengkap. Proses pembuatannya sederhana, tempe diberi bumbu lantas dihancurkan atau digiling. 


Hidayat memulai usaha ini sejak 2013. Idenya muncul saat itu saya berminat pada bisnis kuliner yang tampil spesial, modern, dan ekonomis. Harga daging sapi di Makassar waktu itu cukup mahal, yaitu Rp 95.000/kg. Saya berpikir bagaimana membuat daging sehat dan bermanfaat dalam jangka panjang.


Akhirnya terpikir coba-coba mengolah tempe. Merasa uji cobanya harus mendapatkan penilaian dari masyarakat luas, Hidayat membuka usaha kebab dan burger di Makassar, sebagai cara mempromosikan daging nabati miliknya. Hasilnya sungguh memuaskan.


Kemudian Hidayat memberanikan diri menjual produk olahannya tersebut dengan harga Rp 2.000/pcs. Mantan reseller baju itu mampu meraih penjualan senilai Rp 50 juta/bulan.



*disadur dari finance.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar