Jumat, 17 Februari 2017

Meraih Sukses dengan Jualan Buku Via Online



Salah satu syarat untuk berwirausaha adalah jeli melihat peluang. Arief Mai Rakhman adalah sosok wirausahawan yang memanfaatkan tren hiruk-pikuk jual-beli barang secara online. Ia mampu bertahan menjual buku secara online untuk anak kuliah.

Ia memberi alasan kenapa menjual buku kuliahan? Karena buku kuliah adalah pasar yang sangat menjanjikan, terutama yang bertema metode penelitian.

Usahanya ini bermula pada tahun 2011. Bersama temannya, Arief mendirikan Delta Buku. Ketika itu ia hanya membantu mencari buku-buku yang akan dijualnya melaui Facebook. Namun karena penanganan yang kurang serius berimbas pada penjualan yang tidak optimal. Terlebih setelah sang teman pulang kampung.

Tahun 2012, Arief dipercaya mengelolanya. Sebelum berbisnis buku ini, Arief beberapa kali kurang beruntung dalam berwirausaha. Akhirnya Arief bertekad untuk konsentrasi berjualan buku secara online. Harapannya sederhana, ia ingin memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk memperoleh buku dengan harga lebih murah, ia bekerjasama dengan beberapa penerbit, distributor atau agen, dan toko buku. Dari sinilah ia mendapat diskon khusus. Kebetulan ia juga tinggal di Yogyakarta yang dijuluki sebagai kota pelajar. Kota ini memberikan akses yang luas untuk mendapatkan buku-buku kuliah dan sejenisnya, sehingga kebutuhan para pembelinya dapat dipenuhi.

Untuk memasarkan bukunya, Arief bergabung dengan marketplace Bukalapak.com. Ketertarikannya pada situs ini karena setiap kali mencari produk jualan di Google yang muncul selalu Bukalapak di halaman satu dan peringkat teratas. Sebelumnya Arief berjualan melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan iklan baris.

Menurut pengakuan Arief, sejak bergabung dengan Bukalapak, usahanya berkembang pesat. Toko online yang bertitel Beta Buku telah mengunggah lebih dari 4000 judul buku. Maka Arief dinobatkan menjadi salah satu top seller. Angka transaksi per harinya berkisar 15-20 transaksi dengan omzet sekitar Rp 60 juta per bulan.

Meski buku elektronik atau ebook banyak dijual secara online, Arief tetap optimis kalau bisnis jualan buku fisik secara online masih diminati. Orang-orang masih terbiasa membaca buku secara fisik karena lebih nyaman dan mudah dibawa kemana-mana.

Arief membuka rahasia suksesnya, yaitu memberikan pelayanan terbaik. Mulai dari pengiriman, ketersediaan buku, judul buku yang beragam, sampai menawarkan harga yang bersaing karena ia rela mengambil untung sedikit.


*Disadur dari http://bisnis.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar